Mari Memajukan Pendidikan Tanpa Pamrih Melalui Komite Sekolah

RptKomiteSkol dg Ortu2

Pendidikan adalah hak bagi setiap warga negara. Pendidikan menjadi sarana untuk mencerdaskan bangsa. Melalui pendidikan, kita bisa menilai kemajuan suatu bangsa.

Oleh sebab itu, proses pendidikan yang menjunjung tinggi harkat dan martabat menjadi idaman setiap warga negara. Sayangnya, masih banyak warga negara yang belum menikmati pendidikan. Indikatornya adalah masih banyaknya anak putus sekolah di berbagai daerah di Indonesia. Perlu adanya peran secara komprehensif dari pusat sampai tingkat desa, agar proses pendidikan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan oleh Pemerintah.
Apalagi, maraknya kasus korupsi di berbagai sekolah dengan dalih penggelapan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) membutuhkan kontrol dan pengawasan yang ketat. Jajaran internal sekolah (baca: Kepala Sekolah) bagai lembaga eksekutif dalam lembaga birokrasi di sekolah. Dengan demikian, perlu adanya lembaga legislatif yang mengontrol dan mengawasi kinerja Kepala Sekolah dan jajarannya dalam mengelola pendidikan. Alat yang berguna sebagai pengontrol dan pengawas yang efektif kinerja di sekolah adalah Dewan Komite Sekolah.

Oleh karena itu, SMA Negeri 1 Abung Semuli selalu menjadwalkan kegiatan komite sekolah guna mengevaluasi kinerja sekolah.