Kurikulum 2013 Mendorong Revolusi Mental

kurikulum-2013-mendorong-revolusi-mental-skwDaoFhQwJAKARTA – Salah satu nilai utama yang diusung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah revolusi mental. Nilai ini dapat tercapai melalui pendidikan.

Menurut Rektor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Prof. Dr. Warsono, M.S., salah satu unsur pendidikan yang sejalan dengan revolusi mental adalah Kurikulum 2013.

Sebab, kurikulum ini menuntut guru maupun murid untuk saling berperan aktif.

“Kurikulum 2013 secara filosofis telah sesuai dengan konsep revolusi mental. Kurikulum 2013 berbicara tentang scientific thinking. Siswa dilatih kepekaan intelektualnya. Siswa dan guru dilatih kreatif dengan bertanya menggunakan pertanyaan ‘how’,” kata Warsono, seperti dilansir laman resmi Unesa, Senin (12/1/2015).

Warsono mengimbuhkan, peran penting pendidikan dalam mengembangkan potensi maupun mengubah perilaku seseorang adalah karena sifatnya yang memanusiakan manusia (to be human being). Sejak dari pendidikan keluarga, kata Warsono, orangtua harus menyadari kewajiban dan pentingnya peran mereka dalam mendidik anak.

“Lingkungan keluarga menentukan baik buruknya prilaku moral sang anak. Ketika memasuki dunia perkuliahan, anak akan terkontaminasi oleh paham lain. Sehingga orangtua harus mampu melandaskan pendidikan moral yang baik bagi sang anak,” imbuh Warsono. (fsl)

Sumber: Okezone